Jumat, 31 Mei 2013

Suspensi Pintar ala CB 150R

prolink suspensiSepeda motor tentu sangat nyaman bila semuanya berjalan dengan baik, tenaga besar, frame sempurna serta suspensi yang cukup empuk daya redamnya. Begitupun sebaliknya, bila terlalu keras atau terlalu empuk juga terasa tidak nyaman, bahkan dapat membahayakan pengendaranya sendiri. Apalagi dalam realitanya, kita tidak dapat menyetel suspensi sesuai kondisi jalan, berat pengendara maupun kondisi lalu lintas.
Suspensi yang empuk memang nyaman pada kecepatan rendah, tetapi akan limbung pada kecepatan tinggi. Dan sebaliknya, suspensi yang keras akan lebih enak pada kecepatan tinggi tetapi menjadi tidak nyaman pada kecepatan rendah. Di sisi lain kondisi jalan juga tidak dapat kita prediksi, selain jalan bergelombang, jalanan berlubang juga masih banyak kita temui di jalan. Demikian juga dengan bobot pengendara yang dapat mempengaruhi pada daya suspense kendaraan.

Pada produk motor sport Honda CB 150 R StreetFire, Honda melengkapinya dengan suspensi pintar yang dinamakan Pro Link. Suspensi Pro Link, merupakan suspensi di mana shock breaker tunggal tidak terikat langsung dengan swing arm, tetapi melalui suatu mekanisme penghubung yang akan bergerak sesuai dengan kondisi beban yang diterima.
prolink suspensi - 2-revDengan adanya mekanisme tersebut, maka suspensi dapat memberikan respon sesuai dengan beban yang diterima. Kondisi ini menyebabkan ban memperoleh traksi yang maksimal ke jalan pada berbagai kondisi. Sementara di sisi lain, pengendara akan merasakan suspensi yang cukup empuk atau nyaman pada berbagai kondisi jalan, baik jalan bergelombang ataupun berlubang, kecepatan rendah ataupun tinggi serta bobot pengendara yang berbeda, baik saat berkendara sendirian maupun berboncengan.